Dua Nama Calon Gubernur Maluku Utara Masuk Radar PSI

Reporter : BL. Mayabubun

SOFIFI, AM.comSetelah ditetapkan sebagai peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah mulai action di Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub-Cawagub) provinsi Maluku Utata pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Buktinya, partai busutan mantan jurnalis yang memulai karir dari kompetisi SCTV Goes To Campus, Grace Natalie ini, tengah menyiapkan rekomendasi dukungan kepada dua nama Pasangan Calon (Paslon) yang diusulkan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Provinsi Maluku Utara.

Ketua Bappilu DPW PSI Maluku Utara, Arisco Longgaris kepada wartawan di Base Campt PSI, Selasa (20/2/2018) menuturkan, meski partai yang baru diajangbkontestasi politik Maluku Utara, akan tetapi PSI juga memiliki kepentingan untuk memastikan gubernur provinsi Maluku Utara adalah orang baik, memiliki komitmet tolak korupsi dan tolak intoleransi.

“Pastinya kami berkepentingan untuk mendukung salah satu calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada 2018 ini. Dukungan kami ini bukan untuk mendapatkan keuntungan metari, karena itu terlalu prakmatis. Tetapi kami berkepentingan untuk memastikan bahwa gubernur Maluku Utara yang akan terpilih nantinya adalah orang baik, dan pastinya memiliki komitemn secara ideologis menolak korupsi dan menolak intoleransi,”ungkanya.

Dikatakan, sebelumnya DPW PSI telah melaksanakan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) untuk menjaring empat Paslon Perserta Pilkada, yakni nomor urut 1, Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar (AHM-RIVAI, Paslon nomor urut 2, Burhan Abdurrahman-Ishak Jamaluddin (Bur-Jadi), Paslon Nomor urut 3, KH. Abdul Ghani Kasuba-M. Al Yasin Ali (AGK-Ya) dan Paslo n nomor urut 4, KH. Muhammad Kasuba-Madjid Husen (MK-MAJU).

Penjajakan dimaksud, Kata dia, agar kami bisa memastikan calon yang direkomendasikan itu benar-benar orang baik berdasarkan informasi dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) kepada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) kabupaten/kota yang dibahas dalam Rapimda tersebut, karena PSI memiliki sistem keputusan diambil dari bawah ke atas, bukan dari tas kebawah.

“Di Rampinda itu, kami munculkan semua kandidat dan akhirnya hanya dua nama yang kita usulkan ke DPP untuk dikeluarkan rekomendasi dukungan kepada Cagub di Pilkada 2018 ini, dan dua nama itu sudah masuk di DPP dalam waktu dekat sudah keluar rekomendasi dukungannya,”tukasnya.

Meski begitu, Arisco enggan membeberkan dua nama Cagub Malut yang telah diusulkan ke DPP. Sebab, Lanjut Dia, itu masih bersifat internal dsn tidak menimbulkan spekeluasi yang berlebihan.

“Untuk dua nama itu masih rahasia, dan pada akhirnyanjuga kita akan publikasi siapa yang akan kita dukung nanti. Tetapi pastinya orang itu, adalah orang baik, oeang bersih dan tetap menolak korupsi serta memperjuangkan kaum perempuan,”terangnya.

Disentil apakah sudah ada Paslon sudah melakukan lobi-lobinpolitik untuk mendapatkan dikukungan dari PSI. Ia mengaku, memang sudah ada komunikasi itu dan bahkan hampir semua Paslon telah berkoordinasi untuk memeberikan dukungan politik.

“Tim-tim sukses sudah melakukan pendekatan ke beberapa DPD kami di daerah dan memang kami secara terbuka melakukan komunikasi itu, tetapi kami punya standar untuk menentukan gubernur yang baik itu seperti apa,”pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA