CINTA, Tiga Tahun Kepemimpinan AGK-MANTHAB

Reporter : BL. Mayabubun

TERNATE, AM.comSetelah tiga tahun kepemimpinan Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara, H. Abdul Gani Kasuba dan wakil gubernut M. Natsir Taib (AGK-MANTHAB) membangun negeri dengan selogan dapat dilihat dalam peluncuran (lounching) buku tiga tahun pembangunan Maluku Utara Cinta yang dilaksanakan oleh BAPPEDA provinsi Maluku Utara, Senin (12/2/2018).

Dalam sambutannya, Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba menuturkan, pembangunan yang telah dilaksanakan AGK-MANTHAB, selama tiga tahun ini yang disebut dengan CINTA. Slogan penuh CINTA itu, kebanyakan orang, kata AGK, mungkin juga para rektor menilai dirinya paling lemah, namun sebagai gubernur, dirmya sudah keliling ke seluruh Kabupaten/Kota dan tidak berpikir sedikitpun untuk menyakiti orang. “karena itu saya namakan atau slogan pemerintahan dibwah kepemimoiann saya ini dengan sebutan CINTA akronim dari Cerdas, Indah, Nikmat,Taqwa dan Aman. Inilah dasar sehingga saya begitu lembut dalam membangun negeri ini,”ucapnya.

Lanjut dia, karena itulah yang diinginkan agar negeri aman untuk membangun perekonomian masyarakat. Sebab, sebelumnya telah terjadi salah paham, sampai berdarah-darah. Olehnya itu, agar Negeri Moloko Kie Raha ini saling cinta diantara kita. “Meskipun suku yang begitu banyak, agama yang berbeda-beda ini bagaimana bisa disatukan sehingga masyarakat Maluku Utara maju dan mersakan bahwa ternyata hanya satu,”ujarnya.

“Sebagai gubernur, saya inginkan hati ini terpaut dengan mereka semua, karena meskipun pembangunan tempat tempat ibadah karena itu uang rakyat bukan uang pribadi saya,”sambungnya.

Sebab, kata Dia, ketika Allah menjadikan manusia di dalam hati ada cinta karena, dengan cinta manusia bisa bekerja dengan tulus, tidak melihat siapapun,bdan dengan cinta bisa melihat segala macam yang ada dengan lahiriah maupun batiniyah sehingga kelemahannya itu, maka terkadang SKPD menjadikan sesuatu yang menganggap enteng dan lain-lain. Tetapi bagi saya, siapapun yang menghianati saya, maka Allah yang membalasnya,”tukasnya.

Maka dari itu menjelang Pilgub, Ia mengajak kepada seluruh masyarakat agar memilih pemimpin dari keempat kandidat menurut mereka yang terbaik. “Karena namanya pemimpinan itu kebanggaan semua rakyat,”imbuhnya.
Namun tiga tahun kepemimpinan ini, AGK mengaku masih banyak orang menderita sehingga Ia berharap jalan yang dibangun dari Halbar bahkan sampai ke Halut di Kao untuk dijadikan Bandara.

Meski masih banyak kekurangan tetapi yang kita sudah berjuang dari awal sampai tiga tahun ini Namun Ia mengkhawatirkan setelah WTP apakah kedepan ini bisa mempertahankan atau tidak. “saya kira kepemimpinan saya tiga tahun ini,kalau rakyat tidak puas apalagi saya tidak pernah puas masih banyak yang 808 pulai didalamnya 1000 Desa lebih 90 persen saya sudah jalani negeri ini dan saya tau bagaimana penderitaan rakyat, yang penting apa yang dirasakan rakyat sedikit ini bisa dirasakan terutama juga menyangkut pendidikan karena dengan pendidikan negeri ini bisa maju,” harapnya.

Kepala BAPPEDA provinsi Maluku Utara

Sementara itu, tujuan diterbitkannya buku dengam judul Tiga Tahun Pembangunan Maluku Utara Cinta, Kepala Bappeda Provinsi Samsudin Banyo menjelaskam, bahwa, sesuai amanat UU 23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah dalam pasal 391 dan Pasal 392 dinyatakan pemerintah daerah mempunyai kewajiban untuk menyediakan informasi pemerintahan daerah yakni berupa data, kondisi geografis daerah, demografis, potensi sumber daya daerah, aspek kesejahteraan masyarakat, aspek pelayanan umum, dan aspek daya saing daerah.

Untuk itu, dipandang perlu disusun buku yang menggambarkan capaian pembangunan selama 3 (tiga) midio 2014-2017. Penyelenggaraan pemerintahan dibawah kepemimpinan gubernur Maluku Utara KH. Abdul Ghani Kasuba dan wakil gubernur Ir. H. Muhammad Natsir Thaib yang diberi judul “Tiga Tahun Pembangunan Maluku Utara Cinta” sebagai bagian dari penyediaan informasi pemerintah daerah provinsi Maluku Utara.

Kata Cinta, dalam judul buku ini adalah sama seperti cinta yang terkandung dalam Visi pembangunan RPJMD Provinsi Maluku Utara 2014-2019 yaitu akronim dari Cerdas, Indah, Nikmat, Takwa, dan Aman yang singkat dengan CINTA.

Buku tiga tahun pembangunan Maluku Utara Cinta, mengecek kinerja berbagai bidang, tugas gubernur dan wakil gubernur yang dibiayai dengan APBD provinsi Maluku Utara tahun anggaran 2014, 2015, 2016 dan tahun anggaran 2017. “Yang setiap tahunnya, selalu disampaikan laporan pertanggungjawaban,”ungkapnya.

Sambung dia, Tidak dapat dipungkiri, sampai tahun 2017 relatif sudah terdapat banyak kemajuan-kemajuan yang berhasil diletakkan. Baik dalam tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pemasyarkaran.
Penyusunan buku tiga tahun pembangunan Maluku Utara Cinta ini, adalah suatu proses perekaman kembali secara ringkas kondisi obyektif, capaian keberhasilan pemerintahan pembangunan selama kurun waktu tiga tahun terakhir, yang untuk pembangunan infrastrktur sebagaimana telah diresmikan dan ditinjau oleh gubernur Maluku Utara pada kunjungan kerja di seluruh kabupaten/kota beberapa waktu lalu mapun kunjungan kerja yang dilaksanakan beberapa minggu terakhir di bulan Februari ini.

Untuk Capaian kinerja pembangunan daerah menjadi issue pokok dalam penyusunan buku ini, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan kegiatan sampai dengan pengendalian dan evaluasi, tidak terlepas dan tersedianya data serta informasi pembangunan daerah tahun 2014-2017 yang dapat dipertanggungjawabkan.

Keberlanjutan upaya pengembangan dan informasi melalui penyusunan buku Tiga Tahun Pembangunan Maluku Utara Cinta menjadi salah satu upaya dalam memetahkan keberhasilan atau capaian pembangunan diberbagai sektor. Hal tersebut menjadi, informasi yang dapat bermanfaat untuk mempertajam informasi kebijakan strategi pembangunan daerah kedepan agar sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan dalam upaya pemecahan permasalahan di daerah yang pada akhirnya diharapkan pembangunan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di provinsi Maluku Utara secara efektif.

Adapun tujuan disusun-Nya buku Tiga Tahun Pembangunan Maluku Utara Cinta ini adalah.” pertama menyediakan dukungan data, informasi dan ajang komunikasi antara pemerintah provinsi Maluku Utara dengan pemangku kepentingan pembangunan atau masyarakat luas. Dab Kedua untuk menambah kepustakaan dan dokumemtasi capaian pembangunan provinsi Maluku Utara serta memperluas cakrawala pandang dan menggairahkan semangat pembangunan dan etos kerja bagi aparatur pemerintah khusus-Nya dan masyarakat pada umum-Nya yang pada gilirannya dapat mendorong partisipasi aktif dalam pembangunan.”jelasnya.

Sedangkan manfaat yang hendak dicapai dan penyusunan buku ini, menyebarluaskan dan mempublikasikan secara tekstual naratif data-data dan informasi yang terkait dengan capaian pembangunan provinsi Maluku Utara dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.
Sebagai salah satu bahan rujukan dalam evaluasi kinerja pembangunan dapat menjadi pembelajaran publik.

Kemudian ruang lingkup cakupan buku tiga tahun pembangunan Maluku Utara Cinta ini adalah berisi data dan informasi gambaran umum kondisi daerah yang meliputi data kondisi geografis, demografis daerah, dan data terkait pencapaian indikator kinerja kunci penyelenggaraan pemerintahan daerah meliputi aspek kesejahteraan masyarakat, aspek pelayanan umum, dan aspek daya saing daerah yang juga menyajikan kinerja keuangan daerah dan prestasi daerah.

“Kami menyadari selain peran aktif tim penyusun BAPPEDA provinsi Maluku Utara juga karena motivasi dari gubernur dan wakil gubernur seta dibantu oleh perangkat daerah dilingkup pemerintah provinsi Maluku Utara, instansi terkait melalui dukungan data dan informasi sehingga penyusunan buku tiga tahun Pembangunan Maluku Utara Cinta ini dapat terselesaikan.” ucapnya.

Harapannya, Kerjasama seperi ini kedepan akan terus ditingkatkan sehingga menghasilkan buku yang menggambarkan capaian pembangunan Maluku Utara yang lebih komprehensif.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA