KPU Maluku Utara Tetapkan 16 Parpol Lolos Verfak

Reporter : BL. Mayabubun

SOFIFI, AM.comSebanyak 16 partai politik dinyatakan lolos Verifikasi Faktual (Verfak) oleh Komisi Pemikihan Umum (KPU) Provinsi Maluku Utara. Ketetapan ini disampaikan melalui rapat pleno di Grand Dafam Hotel, Minggu (11/2/2018), dan dihadiri delegasi dari 16 Parpol serta 10 KPU kabupaten/kota se-Maluku Utara.

Diketahui, hasil Verfak itu dari 16 Parpol yang lolos 12 parpol lama yakni Partai Golkar, Partai NasDem, PDI Perjuangan, Partai Hanura, Partai Gerindra, PBB, PKB, PPP, PKPI, Partai Demokrat, PKS dan PAN. Sementara untuk 4 Parpol baru yakni Perindo, PSI, Partai Berkarya dan dan Partai Garuda.

Ketua KPU Maluku Utara, Syahrani Somadayo kepada wartawan mengatakan, 16 Parpol memenuhi syarat 75 persen. Ini setelah KPU kabupaten Kota memverifikasi kepengurusan partai, perwakilan 30 persen kuota perempuan, kedudukan kantor dan keanggotaan.

“Empat syarat Verfak itu dipenuhi, sehingga itu kami nyatakan lolos,”katanya.

“Memeang ada sebagian partai yang belum ada kepengurusannya di kabupaten tertentu. Ada Parpol yang pengurusnya hanya di 8 kabupaten kota. Tapi semuanya memenuhi 75 persen, sesuai dengan ketentuan,”papar Syahrani.

Dia menambahkan, berkas kelolosan Verfak 16 Parpol tersebut akan dikirkim ke KPU RI Selasa (13/2) mendatang. “Tanggal 13 Februari semua berkas kami kirim ke KPU RI,”imbuhnya.

Meski lolos Verfak di Malut, lanjut Syahrani, belum tentu 16 Parpol lolos secara nasional. “Untuk di Malut semuanya lolos. Tapi belum tentu lolos secara nasional. Karena belum tentu lolos di provinsi yang lain, “tukasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA