Belum Tuntas LPJ, Tiga SKPD Ini Diwarning Wali Kota Ternate

Reporter : Diman Umanailo

TERNATE, AM.comWali Kota Ternate, Burhan Abdurrahman mewarning 3 (tiga) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum tuntas menyiapkan Laporan Petanggungjawaban (LPJ) pelaksanaan Anggaran Pendapan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2017.

Diketahui ketiga SKPD itu, yakni Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan Dinas Kesehatan (Dinkes). Warning ini disampaikan saat rapat yang dipimpin langsung oleh wali kota Ternate Burhan Abdurrahman dan wakil wali kota H. Abdullah Taher Jumat (9/2/2018) lalu.

Wali Kota Ternate, saat dikonfirmasi, Minggu (11/2018), terkait hasil rapat tersebut menuturkan, rapat yang digelar bersama pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, selain tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawan Kepala Daerah (LKPD) juga terpenting, persiapan laporan pertangungjawaban pelaksanaan APBD yang Pemerintah Kota siapkan untuk diserahkan ke BPK. “Nah itu dari sekarang sudah harus diwarning karena mulai Senin 12/2/2018, Badan Pemeriksa Keuanhan (BPK) RI sudah mulai masuk pemeriksaan,”katanWali Kota Ternate.

Untuk itu, lanjut Dia, sudah diingkatkan kepada SKPD agar semua pertanggungjawaban bukti-bukti dan berbagai hal yang nantinya harus dipertanggungjawabkan dari kegiatan-kegiatan yang sudah dilaksanakan di SKPD masing -masing.

Burhan menyebutkan, sejauh ini tinggal tiga SKPD yang belum rampung yakni, Dibud, Dinkes dan PUPR. Meski begitu, bagi Dia, hampir setiap tahun tiga SKPD ini yang paling terakhir menyelesaikan pelaksanaan pertanggungjawaban karena paling banyak merealisasi program-program-Nya. “Tadi sudah diminta dalam waktu satu dua hari sudah harus selesai atau pada saat BPK melakukan pemeriksaan sudah bisa tuntas,”tegasnya.

Namun demikian Burhan mengaku, tidak ada kendala akan tetapi dikarenakan program kegiatanya banyak sehingga harus menyesuaikan dengan kegiatan yang ada.

Ia menegaskan, yang pasti harus siap karena laporan Pemerintah Kota merupakan akumulasi dari laporan SKPD. “Saya menekankan agar tindak lanjut temuan BPK di tahun sebelumnya harus secepatnya diselesaikan agar mempermudah penilaian BPK terhadap penyelesaian,”imbunya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA