Ini Bukti Gubernur Bangun Maluku Utara Penuh Cinta

Reporter : BL. Mayabubun

TIDORE, AM.com-Setelah perjalanan panjang mengunjungi dua kabupaten di wilayah paling ujung Maluku Utara, yakni kabupaten Kepulauan Sula dan kabupaten Pulau Taliabu untuk menyambung tali kasih dengan pemerintah setempat dan masyarakat serta menyerahan bantuan langsung kepada masyarakat petani dan nelayan oleh pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Untuk membuktikan komitmen pemerintah membangun Maluku Utara penuh cinta dibawah kepemimpinan gubernur KH. Abdul Ghani Kasuba (AGK), Senin (05/02/2018), gubernur kembali melaksanakan Kunjungan Kerja (Kuker) serta penyerahan bantuan langsung yang telah terprogram dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2017-2018 untuk kota Tidore Kepulauan (Tikep). Penyerahan bantuan ini sendiri dipusatkan di Pelabuhan Ferry Kelurahan Rum kecamatan Tidore Utara, SMA Negeri 10 Tikep dan Kelurahan Kalaodi kecamatan Tiodore Timur.

Penyerahan bantuan tractor

Sebelum menyerahkan bantuan langsung, AGK dalam sambutanya menuturkan, untuk mewujudkan Maluku Utara sejahtara maka sektor pertanian dan perikanan harus ditingkatkan hasil produksi kedua sektor tersebut. “Program pemerintah tentunya berkesinambungan untuk mensejahterakan masyarakat. Olehnya itu, kota Tidore juga menjadi perhatian pemerintah provinsi dan hari ini ada beberapa bantuan yang akan disalurkan kepada masyarakat,”ujarnya.

Selain itu, kata orang nomor satu di Maluku Utara ini, bahwa kualitas pendidikan juga harus ditingkatkan. Sebab, lanjut dia pendidikan merupakan faktor utama untuk mewujudkan pembangunan Maluku Utara.

Gubernur saat menyerahkan bantuan kepada siswa berprestasi di SMA Negeri 10 Tikep

“Jika pendidikan kita bagus, pastinya pembangunan Maluku Utara akan berjalan bagus. Olehnya itu, penting sekali anak-anak kita untuk sekolah dan saya akan terus berupaya agar anggaran pendidikan terus ditingkatkan termasuk untuk sekolah yang ada di Kota Tidore ini,”tukas Gubernur.

Diketahui, bantuan yang diserahkan langsung oleh Gubernur tersebut, yakni bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) atas inisiasi gubernur melalui dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara berupa bantuan beasiswakepada 1537 siswa yang tersebar di 20 SMA dalam wilayah kota Tdore Kepulauan. Program pembinaan dibidang SMA melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2018 meliputi rehabilitasi ruang belajar, perpustakaan, serta ruang guru dan perabotnya untuk Tidore Kepulauan sebesar Rp5,5 miliar. Pembangunan ruang kelas guru untuk Oba, Tidore Kepukauan sebesar Rp2,7 miliar.

Pembangunan ruang Laboratorium IPA serta perabotnya sebesar Rp6,2 miliar. Pembangunan jamban siswa serta sanitasi di Tikep mendapatkan porsi anggaran sebesar Rp1,5 miliar, dan bantuan rehabilitasi jamban siswa serta sanitasi senilai Rp 1 miliar,dan juga bantuan peralatan pendidikan meja pembelajaran dan sarana TDBK Seni Budaya sebesar Rp1 miliar.

Penyerahan bantuan Anakan Pohon Cengkeh dan Pala

Bantuan langsung juga melalui dinas Pertanian provinsi Maluku Utara kepada petani kota Tidore Kepulauan pada program alokasi bantuan alsin tahun anggaran 2017 berupa tractor roda 4 sebanyak 1 unit, cultivator 6 unit, hand tractor 15 unit, hand sprayer 23 unit, pompa 10 unit dan alat tanam jagung 5 unit.

Sedangkan untuk tahun anggaran 2018, program kegiatan cetak sawah seluas 100 hektar, alokasi alsin yakni hand tractor 5 unit, hand sprayer 20 unit, benih jagung dan pupuk seluar 14.500 hektar. Sedangkan untuk hortikultura yakni pengembangan bawang 21 hektar, cabe 25 hektar, jeruk 25 hektar sementara untuk perkebunan perluasan pengembangan pohon Pala 400 hektar dan rehabilitasi Pala 300 hektar.

Selain bantuan diatas, gubernur juga menyerahkan bantuan kepada nelayan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) berupa 28 unit cooldbox, frecer 3 unit, kendaraan roda 3 sebanyak 1 unit, rubber boat 1 unit dan speed pengawasan dan konservasi wialayah sumber daya alam.

Sementara bantuan KRLP dinas Ketahanan Pangan kepada 5 (lima) kelompok Tani sebesar Rp200 juta masing-masing kelompok tadi sebesar Rp50 juta, bantuan Gerakan Tanam Cabe (Gertam) sebesar 50 juta kepada dinas ketahanan pangan kota Tidore Kepulauan.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA