DPRD Maluku Utara Dukung Percepatan Pencairan Anggaran Pilkada 2018

SOFIFI, AM.comDewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Maluku Utara mendukung percepatan pencairan anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun 2018. Ketegasan ini disampaikan wakil ketua DPRD Malut, Ikram Haris usai mengikuti rapat teknis pembahasan pelaksanaan Pilkada Maluku Utara di Royal Resto Ternate, Minggu (28/01/2018).

Menurut Dia, proses pemilihan gubernur ini harus berjalanan lancar sesuai dengan tahapan yang telah diatur oleh pihak penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu, sehingga itu, mentangkut dengan anggaran terkait dengan tahapan penyelenggaraan yang dilakukan KPU dan Bawaslu maupun pengamanan itu harus mutlak dicairkan anggranya. “Tadi sudah disampaikan dalam forum rapat seperti itu, dari kami DPRD sampaikan bahwa terkait dengan kebutuhan anggaran itu sudah disepakati bersama dalam pembahasan antara DPRD dan pemerintah Provinsi,”tukasnya.

Kata Ikram, dirinya sudah sudah menegaskan dan mengingatkan dengan tegas kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku Utara H. Muabdin Hi. Radjab maupun Kepala Badan  (Kaban) Keuangan karena gubermur sendiri sebagai petahana tentunya dalam waktu tidak terlalu lama lagi akan cuti. “Sehingga kita ingatkan betul Pak Sekda maupun kaban keuangan agar supaya hal-hal yang menyangkut dengan kebutuhan anggaran untuk kepentingan pelaksanaan tahapan Pilkada itu penting dan tidak ada alasan lain harus segera untuk dilakukan proses pencairan angaran,”imbuhnya.

Meski begitu, Ia mengakui sebelumnya APBD 2018 dilakukan evaluasi dari Kemendagri, namun itu sudah selesai dibahas pada Jumat pekan kemarin, dan sudah ditandatangani oleh Mendagri walaupun ketentuannya hasil evaluasi itu akan dikembalikan kepada daerah untuk dilakukan pembahsan penyesuaian anggaran sesuai dengan evaluasi dari Kemendagri.

“Tetapi khusus menyangkut dengan Pilkada itu sudah tidak bisa di otak-atik lagi atau dirubah. Dan harus tetap berjalan sesuai dengan pengusulan. karena evaluasi yang dilakukan tidak mempengaruhi usulan anggaran penyelenggaraan Pilkada ini,”tegasnya.

Sesuai dengan pembahsan tadi, Lanjut Dia, mulai besok hari Senin sudah dapat dilakukan proses pencairan anggaran dan kegiatan-kegiatan yang sudah terjadwalkan itu dapat dilaksanakan. “Semoga hari Senin nanti sudah dapat dicairkan agar tidak terhambat proses pelaksanaan Pilkada nanti,”tukasnya. (blm)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA