Cipta Kamtibmas, Kapolri Perintah Kapolda Tangkap Pengedar Miras 

TERNATE, AM.com-Maraknya peredaran Minuman Keras (Miras) sebagai pemicu terjadinya gangguan Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di Maluku Utara, sehingga itu Kepala Kepolisian  Republik Indonesia  (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian memerinthakna kepada Kapolda Maluku Utara, Brigjen (Pol) Achmad Juri untuk menangkap pengedar Miras. Ketegasan ini disampaikan Kapolri dalam sambutannya pada lounching  Samsat Apung  dan E-Samsat di Pelabuhan Ahmad Yani, Sabtu (27/1/2018).

Kapolri menyebutkan saat menjabat sebagai Deputi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme dirinya telah mengunjungi Maluku Utara. Kata Dia, jika Kapolri sering kunjungi daerah tertentu karena urusannya Kamtibnas berarti daerah tersebut tidak aman. “Jadi di Maluku Utara saya tidak datang karena daerah itu saya anggap aman,”ujarnya.

Dikatakan, kondisi keamanan di Indonesia dari  33 Polda yang ada di Indonesia tingkat keamanannya,kerawanannya paling rendah  Maluku Utara berada di pada  urutan terakhir 33. “Jadi Maluku Utara daerah yang relatif  dari berbagai gangguan.” katanya.

Dia menyebutkan memang  ada seperti  perkelaian antar kampung, kasus penganiyayaan,  KDRT. “Memang Kapolda  banyak terjadi KDRT saya bilang saya pernah jadi Kapolda Papua dua tahun biasanya  itu terjadi tidak jauh  Cap tikur alias Miras,”tuturnya.

Untuk itu, sudah memerintahkan Kapolda untuk menangkap pengedar Cap Tikur  alias Miras namun ,Kata  Jendral bintang empat ini bahwa, jangan menangkap pengedar kecil – kecilan namun harus tangkap bandar pengedar Miras. sebab, jika hanya ditangkap pengedar maka persoalan tersebut tidak akan selesai.

Oleh karena itu,harus berantas habis penjual Cap tikus di Malut.”makanya  harus dihabisin saja.” tegasnya.

Sebab, Baginya,daerah yang aman merupakan modal utama untuk  pembangunan daerah. Olehnya itu, keamanan bukan segala – galanya, tetapi   segala – galanya tidak berarti jika tidak aman karena kemanan sama dengan kesehatan karena kesehatan juga bukan segala-galanya. ” tapi kalau kita tidak sehat segala-galanya ngga ada artinya,”tuturnya.

Sumber Daya Alam (SDA) sember Daya Manusia merupakan modal, akan tetapi modal yang paling terpenting lagi adalah keamanan. Karena pembangunan tidak akan berjalan tanpa adanya keamanan.

Dicontohkan,misanya di Papua masih ada tembak – menembak investor takut untuk berinvestasi di tempat itu  di daerah yang rawan sehingga membangun jalan saja tidak berani.

Oleh karena itu, itulah yang perlu disyukuri oleh jajaran  di Maluku Utara karena rengkin 33 kerawanan ini adalah modal  terbesar bagi masyarakat  Maluku  Utara untuk maju dan membangun. kemudian yang nomor dua adalah kualitas sumber daya manusia pendidikan dan ketiga adalah Sumber daya alam. “Ada yang mengatakan modal utama adalah sumber daya alam saya mungkin berpendapat kurang pas,”ujarnya.

Karena itu,jangan menganggap remeh bahwa  keamanan   yang telah ada ini menjadi modal  karena dengan situasi yang aman ini  maka Gubernur,Bupati walikota bisa berkreasi berbuat apa saja untuk  pembangunan  daerah  dimana orang yang ingin berinvestasi mereka   tidak akan ragu di daerah yang aman.

Sebab,  untuk  investor berinvestasi yang pertama,kemudahan perizinan, birokrasi yang mudah dan yang kedua faktor keamanan,infrastruktur, penerimaan dari masyarakat jika kemudian dari faktor tersebut  terpenuhi maka tidak ada  ragu – ragu para investor untuk datang,karena jika hanya mengandalkan APBD dan APBN berat maka jalan satu – satunya harus melibatkan pihak  Swasta dan sangat diyakinkan dengan giorafis yang ada kemudian potensi sumber daya alam yang melimpah.” ada hutan yang luas, kekayaan di laut  yang banyak sekali belum tereksploitasi  sehingga yang dibituhkan pengelolahan masalah keamanan ,perizinan ,infrastruktur  dan bagaimana kita mengubah kultur masyarakat kita untuk   selalu Welcome untuk investor dan mampu  berusaha sendiri.” ungkapnya.

Dari semua itu,  tentunya membutuhkan kemampuan ladership dari kepala daerah  mulai dari gubernur,walikota dan Bupati  dalam hal ini dibutuhkan interprenewship dari pimpinan kepala daerah. (blm)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA