Dua Sekolah di Halmahera Timur Belum Akreditasi

Reporter : Ardian Sangaji

MABA, AM.com – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Waci dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perikanan Halmahera Timur (Haltim) dinyatakan tak lolos akreditasi. Pasalnya, dua sekolah ini belum melengkapi syarat administrasi yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perwakilan Provinsi Maluku Utara (Malut). Hingga akhirnya begitu tim akreditasi melakukan verifikasi, kedua sekolah tersebut belum dapat memenuhinya. Hal ini juga dibenarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Haltim Beny Sutarman.

Dia menyebutkan, setidaknya ada 8 standar pendidikan nasional yang menjadi syarat akreditasi. Dan untuk dua sekolah ini syarat yang belum dipenuhi yakni syarat administrasi. “Jadi kemungkinan masih ada yang kurang sehingga waktu kroscek ada kurang datanya pada saat penilaian, nilainya tidak memenuhi batas ambang standar minimal sehingga dikatakan belum terakreditasi,” kata Beny saat dikonfirmasi via seluler, Rabu (29/11/2017).

Ia menjelaskan, bagi sekolah yang belum terakreditasi maka sekolah tersebut belum dapat menjadi pelaksana ujian bagi siswanya. Olehnya itu, saat pelaksanaan ujian harus digabung dengan sekolah terdekat yang sudah terakreditasi.

Meski begitu, sambung Beny, selain SMK Perikanan Haltim yang menjadi tanggung jawab Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara, untuk SDN Waci pihaknya tetap akan membantu hingga SDN tersebut bisa terakreditasi. “Yang jelas kita akan ikut kan di tahun depan lagi untuk dilakukan akreditasi, untuk akreditasi ulang dengan melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada kemarin,” ungkapnya mengakhiri. (azk)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA