Arfandi : Sebelum Dieksploitasi, Feasebility Study Danau Ngade Wajib Di Publish

TERNATE. AM.com-Danau laguna semakin menjadi sorotan tajam elemen pemuda di Maluku Utara, khususnya elemen strategis di Kota Ternate. Terkait dengan krisis air bersih dan masalah pengelolaan Danau ngade yang terlihat belakangan ini semakin menyita perhatian pemerhati lingkungan, pemerhati sosial dan elemen strategis lainnya di Maluku Utara, Tanpa terkecuali dengan MPW Pemuda Pancasila Provinsi Maluku Utara.

Arfandi Iskandar Alam selaku Ketua Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Daerah MPW PP ini menyoroti persoalan Eksploitasi Danau Ngade yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Ternate, yang terkesan menutupi proses kelayakan pengelolaan Danau Ngade Sebagai sumber air bersih.

” Pengelolaan Sumber Air Bersih Danau Ngade ini harusnya prosedural, PDAM Kota Ternate seakan menutupi kelayakan study pengelolaan Air bersih, Tuturnya. Fandi juga mengatakan bahwa kalaupun pihak PDAM tidak mempublish soal feasebility study yang menjadi paramater eksploitasi danau laguna ini maka bisa dikatakan bahwa Danau Laguna tidak layak untuk dijadikan Sumber air bersih untuk Warga Kota Ternte, alasannya karna PDAM Kota Ternate tidak memiliki Dokument Feasibility Study ( FS ),”cetusnya melalui release yang disampaikan ke redaksi www.aspirasimalut, Selasa (28/11/2017).

PDAM Kota Ternate Harus terbuka dengan segala macam kelayakan yang berkaitan dengan hal ini, karna masalah air bersih adalah masalah serius yang menjadi kebutuhan dasar semua Manusia. ” Masalah air bersih adalah masalah serius yang wajib disikapi, sehingga kami mintakan kepada kepala PDAM Kota Ternate agar jangan main – main dengan persoalan Air bersih dan jangan dipaksakan ketika tidak memenuhi standar kelayakan. ” Paparnya.

Sementara itu, ketika ditanya soal pengganti danau laguna / danau ngade untuk kebutuhan air bersih, fandi menjelaskan bahwa penyulingan air laut bisa menjadi solusi dalam mengatasi hal ini.

” Kota Ternate memiliki air laut yang bersih, sehingga bisa dijadikan solusi dengan melakukan penyulingan. Salah satu contoh di daerah Sulawesi, Sulawesi telah menjadikan Air laut sebagai langkah penyulingan untuk mendapatkan Air bersih ” Akunya.

Sehingga itu, kami sangat berharap agar pemerintah Kota Ternate segera mempertimbangkan eksploitasi danau laguna ini ketika tidak ada Dokument Feasebility Studi yang jelas dalam pengelolaannya sebagai sumber Air minum untuk masyarakat Kota Ternate. Tutupnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA