Lima Kades di Morotai Menunggu SK Pemecatan

Repoter : Maulud Rasai

MOROTAI, AM.com-Lima Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Pulau Morotai, saat ini sedang menunggu Surat Keputusan (SK) pemecatan dari jabatannya karena diduga bermasalah terkait penggunaan anggaran desa. Pasalnya, hingga saat ini SK pemecatan terhadap kades yang bermasalah itu belum juga dikeluarkan a oleh Bupati Pulau Morotai Benny Laos.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai Basri Hamaya , mengatakan nama-nama kades yang dipecat dari jabatannya belum bias dipublis, karena masih menunggu SK pemecatan yang dikeluarkan oleh Bupati Beny Laos. “Soal pemecatan itu menyangkut dengan rahasia jabatan, masa orang belum terima SK sudah tau dia (Kades) di pecat itukan tidak etis, tetapi Memang ada beberapa indikasi beberapa kades yang melakukan penyelewengan sehingga harus di pecat,”ujar Kadis DPMD Pulau Morotai Basri Hamaya, kepada repoter www.aspirasimalut, Rabu (22/11/2017).

Menurutnya, Pemda Pulau Morotai melalui DPMD akan melakukan tindakan dengan cara membuat surat keterangan tanggungjawab mutlak. Dengan cara ini bisa melakukan pengembalian terhadap kerugian desa, daerah maupun negara, bagi kades yang melakukan penyelewengan anggaran desa.

Dia mengaku, surat keterangan tanggungjawab yang dibuat oleh DPMD terhadap kades termasuk didalamnya dalam rangka menjaminkan sesuatu barang yang berharga. Diantaranya tanah, bagunan ataupun barang bergerak lainnya yang bisa bernilai ekonomi.

Lanjutnya, saat ini bukan hanya terdapat lima kades saja yang bermasalah yang bakal dipecat, tetapi dari hasil investigasi DPMD masih banyak desa yang kadesnya melakukan penyalagunaan keuangan desa, termasuk di dalamnya pemotongan hak-hak aparat Desa. “Bagai kades yang melakukan penyelewengan anggaran, DPMD tetap menyikapi nya, namun problem ini tentunya ada penyelesaian hukum dan administrasi,”tutupnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA