Pemuda Pancasila : Eksploitasi Danau Laguna, Pemkot Perlu Kajian Mendalam

TERNATE, AM.com-Danau Laguna, adalah pesona alam Maluku Utara yang menjadi Ikonik masyarakat kota Ternate, semenjak dahulu hingga kini. Saat ini Pemerintah Kota Ternate berencana menjadikan danau ini sebagai sumber eksplotasi air bersih.

Kota Ternate yang dihimpit masalah krisis air bersih telah diprediksi akan terjadi pada 6 sampai 7 tahun kedepan. pemerintah kota ternate rencananya akan memanfaatkan Danau Laguna (Danau Ngade) sebagai sumber air bersih ternyata disoal oleh MPW Pemuda Pancasila Maluku Utara.

Melalui Ketua Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Daerah MPW PP Maluku Utara, Arfandi Iskandar Alam, kepada www.aspirasimalut.com, Rabu (15/11/2017) mengatakan, bahwa Danau Laguna yang akan menjadi objek eksploitasi Air bersih oleh Pemerintah dalam hal ini PDAM Kota Ternate seakan tergesa dalam proses tekhnis maupun penyusunan administrasi.

“Eksploitasi danau laguna terkesan tergesa -gesa dalam prosedur, baik secara tekhnis maupun administrasi, terangnya. PDAM Kota Ternate seharusnya melakukan kajian komprehensif tentang kondisi air di danau laguna terlebih dahulu,”tandasnya.

Fandi sapaan akrabnya, juga menjelaskan, bahwa parameter Penggunaan danau laguna Sebagai sumber air bersih mestinya juga melibatkan berbagai stake holder di kota ternate, sebab dampaknya cukup masif di berbagai sektor.

Misalnya salah satu yang harus dipublis adalah kelayakan baku mutu air, sebab beberapa tahun lalu banyak ikan air tawar mati di danau laguna, sehingga ini dikhawatirkan bisa berdampak pada kesehatan manusia, Paparnya.

Hal lain lanjut Fandi, danau laguna dari aspek sosiologis, ekonomi dan ekologi harus dikaji lebih dalam, jika ini diabaikan dampaknya bukan hanya masyarakat di sekitar, tapi seluruh masyarakat kota ternate yang mengkonsumsi air tersebut.

“Olehnya itu, kami berharap Pemerintah Kota Ternate dan PDAM libatkan seluruh stake holder dalam rencana eksploitasi Danau Laguna, jangan sampai menimbulkan permasalahn baru yang lebih rumit di tahun-tahun mendatang dan generasi berikutnya yang akan merasakan dampak eksploitasi danau tersebut,”pintanya.

Ia menegaskan, dalam waktu dekat, MPW Pemuda Pancasila akan menggelar diseminasi study dengan beberapa elemen strategis, terutama yang konseren terhadap lingkungan untuk shering gagasan terkait dengan rencana eksploitasi danau laguna ini. “Kami akan melakukan kajian sebelum Pemkot Ternate melakukan eksploitasi Danau Laguna,”terangnya. (rdx)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA