Pemkab Kepsul Gandeng BPD Salurkan Bantuan UEP dan RSRTLH

SANANA, AM.com-Pemerintah kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Maluku-Maluku Utara dan Tenaga Pendamping dari Kementrian Sosial menyerahkan 400 buku tabungan kepada warga miskin melalui program penanganan fakir miskin oleh kementrian sosial, Kamis (02/11/2017).

Kegiatan Penyerahan 400 Buku tabungan BANK BPD kepada 400 warga miskin yang telah terdata sebagai Kelompok Usaha ekonomi produktif atau yang disebut dengan UEP Dan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RSRTLH) yang dilaksanakan oleh Dinas sosial kabupaten kepulauan sula melalui tim dari kementrian sosial Republik Indonesia dengan menggandeng atau bekerjasama dengan Bank maluku-Maluku Utara.

Kegiatan yang dilaksanakan dihalaman Kantor Bank Maluku-Maluku Utara itu dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Sula Hendrata Thes, Kepala Bank Maluku-Maluku Utara Cabang Sanana Malik Latupono, Kepala Dinas Sosial H. Jaidun, Kepala Bapeda Hardiman Teapon, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Bakir Abdul Rauf, Kepala Dinas Kesehatan Hindun Pawah, Kepala Dinas Pendidikan I. Ketut Suparjana, Kepala BPPRD Hendra Umabaihi dan 400 warga miskin atau penerima bantuan Usaha Ekonomi Produktif dan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni.

Kepala Dinas Sosial H. Jaidun dalam kesempatan itu menyampaikan, Bantuan Dana berupa uang tunai Rp 2 juta kepada 400 orang yang terdata sebagai Kelompok Usaha Ekonomi Produktif dan juga penerima bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah tidak layak huni pada program penanganan fakir miskin.

Selain itu,Jaidun juga menguraikan kegiatan penyaluran bantuan itu berdasarkan data lapangan yang ada didua kecamatan yakni kecamatan Sanana dan Kecamatan mangoli utara dengan jumlah total penerima sebanyak 400 Kepala Keluarga (KK).Untuk kecamatan sanana bantuan ekonomi produktif terdiri dari tiga desa yakni desa mangon 53 KK Dan RTLH sebanyak 3 buah rumah ,desa Fogi Penerima Bantuan Ekonomi Produktif sejumlah 42 Dan Desa wailau Bantuan Ekonomi Produktif 129 KK dan RTLH 5 unit Rumah.

Kemudian,Kecamatan Mangoli Utara terdiri dari Desa Falabisahaya penerima Bantuan Ekonomi Produktif sebanyak 106 KK,Desa Pastabul 37 KK,Desa minaluli 33 KK Dan RTLH Kecamatan mangoli Utara sebanyak 7 KK.Dari jumlah total dua kecamatan Dana Bantuan Usaha Ekonomi Produktif yang disalurkan kepada 400 KK yakni senilai Rp.2 juta per kepala keluarga. Sementara Bantuan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni Senilai Rp15 juta Per KK.Dengan demikian total anggaran yang disalurkan kepada 400 penerima bantuan tersebut senilai Rp. 1,25 juta rupiah.

Terpisah Bupati Kabupaten Kepulauan Sula dalam sambutannya menyampaikan, Atas nama pemkab kepsul pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada kementrian sosial Republik Indonesia (RI) dan khususnya kepada presiden Joko Widodo  atas dukungan dan kerjasama dalam pelaksanaan penanganan Fakir Miskin.

Ia juga berterimakaaih kepada pihak BANK Maluku-Maluku Utara serta pendamping sosial dari kementrian soaial RI.selain itu orang nomor satu dikepsul itu juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang bekerja keras dalam suksesi kegiatan mulai dari pendataan hingga penyaluran bantuan ini.

“Saya menyambut baik  atas terselenggaranya kegiatan penyaluran bantuan usaha ekonomi produktif yang disebut dengan UEP dan Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RSRTLH).Sebab hal ini sebagai wujud nyata bagi keterpaduan program antara kementrian sosial dan Pemerintah propinsi serta pemkab kepsul,Dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat kepsul,” pungkas Bupati Kepsul Hendrata Thes.

(aji)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA