Distan Kepsul dan Korem 152/Babullah Jalin Kerjasama Cetak Sawah Baru

SANANA, AM.comPemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) melalui Dinas Pertanian (Distan) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Korem 152/Babullah Ternate, menjalin kerjasama dibidang ketahanan pangan serta pencetakan sawah baru seluas 100 kektar di desa Kaporo kecamatan Mangoli Selatan.

Sementara itu, Distan Kepsul juga telah membuka dan mengolah lahan seluas 4 Hektar di peruntukan Kebun Percontohan Hortikultura baik Sayuran maupun Buah di desa Malbufa.

Bantuan Alsitan ke lokasi cetak sawah, desa Kaporo, kecamatan Mangoli Selatan

Menindaklanjuti kerjasama yang ditandatangani oleh Danrem 152/Babullah dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Sula pada bulan Januari 2017 seluas 100 HA. Distan bersama Dandim Halsel, Danramil Sanana, Danramil Dofa, Babinsa Kaporo, Kabid PSP beserta staf Distan Sula melakukan peninjauan lokasi cetak sawah baru di desa Kaporo, Sabtu (28/10/2017) pagi tadi.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kepsul  Idris Ahmad Baguna kepada reporter www.aspirasimalut.com menuturkan, bahwa kunjungan tersebut dilaksanakan untuk melihat secara dekat hasil penanaman perdana padi dilokasi cerak baru yang dilakukan pada tanggal 23 Oktober 2017 lalu. “Ini program yang dicanangkan berdasarkan kerjasama dinas Pertanian kabupaten Kepulauan Sula dengan TNI di Kepsul,”ungkapnya.

Bantuan 5 unit Hand Traktor

Idris mengungkapkan, saat melakukan peninjauan, Dandim Halsel Letkol INF. J. WIDODO juga memberikan motivasi kepada Danramil, Banbinsa serta kelompok tani, agar dapat tetap solid dalam melaksanakan usaha tani.

Ia menyebutkan pula, pada kesempatan tersebut, Pemda Kepsul menyerahkan satu unit Traktor Roda 4  dan 5 unit Hand Traktor 3 unit Pompa air dan beberapa alat pertanian kecil seperti pacul dan hand spreyar serta garu-garu.

bantuan dari Pemda Kepsul satu unit Traktor Roda 4 kepada petani sawah

“Bapak bupati berharap dengan adanya bantuan ini dapat memberikan motivasi kepada kelompok Tani untuk tetap semangat bekerja untuk meningkatkan hasil usaha taninya agar  taraf hidup  petani semakin hari semakin meningkat,”tukasnya.

Sementara itu, Lanjut Dia, selain desa Kaporo kecamatan Mangli Barat, bupati kabupaten Kepsul juga telah perintahkan Dinas Pertanian untuk membuka dan mengolah lahan seluas 4 Ha di peruntukan Kebun Percontohan Hortikultura baik Sayuran maupun Buah di desa Malbufa.

lokasi pencetakan sawah desa Kaporo

Sehingga itu, Dia berharap dengan adanya kebun percontohan itu, dapat memberikan contoh sekaligus merupakan lokasi penerapan teknologi dan inovasi inovasi baru.

“Sungguh luar biasa speed dari bapak Bupati Hendrata Thes, kalau Distan tidak bisa mengimbangi speednya bapak bupati. Maka sudah tentunya kami terlambat. Tapi Alhamdulillah dengan semangat sekretaris dinas para Kabid, Kasie dan staf serta penyuluh di lapangan yang merupakan Team Work Distan  selalu siap melaksanakan Amanat bapak Bupati. Makanya Motto baru Distan adalah  Era Baru Pertanian Sula,”pungkasnya.

(blm)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA