Takut Ganggu Kedatangan Presiden, Gubernur Minta Dandim 1509 ‘Tertibkan’ Yakis Bacan

TERNATE, AM.comGubernur Abdul Gani Kasuba ingin memastikan kunjungan Presiden Jokowi beserta rombongan Menteri pada pegelaran Widi Internasional Fishing Tournament 2017 (WIFT) di Halmahera Selatan, 25-29 Oktober ini bisa berlangsung aman terkendali.

Untuk itu Gubernur bahkan meminta Dandim 1509/Labuha Letkol Inf Joni Widodo supaya menertibkan kawanan kera Bacan atau akrab dikenal dengan yakis Bacan yang habitatnya tak jauh dari rumah adat Solo di kebun karet, tempat nginap khusus Presiden Jokowi.

Orang nomor satu di Maluku Utara ini mengaku khawatir, jika kawanan kera tersebut membuat kegaduhan saat Presiden Jokowi beristirahat di rumah Solo.

“Itu Pak Dandim harus dijaga baik-baik jangan sampai dia (kera, red) marah-marah lagi, karena itu kita sudah lihat kadangkala kalau sudah marah itu dia banting segala macam, walaupun liar dia itu jinak, jadi barangkali siapkan pisang-pisang saja Pak Dandim,”pinta Gubernur saat rapat koordinasi akhir persiapan WIFT bersama Forkompimda Maluku Utara di Royal Resto Ternate.

Menurut Gubernur, kawanan yakis Bacan yang berjumlah ratusan bahkan ribuan ini dipastikan tidak akan membuat kegaduhan jika diberi makan.

“Karena itu ratusan ekor bahkan ribuan, kalau kita mau lihat sampai pohon-pohon semua itu hitam karena banyaknya itu kera, dia itu hanya diberi makan saja, yang penting kenyang dia sudah diam, tapi kalau lapar dia biasanya marah-marah,” tutup Gubernur.

(azka romero)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA