Salut, Gebrakan Kadis KP Maluku Utara Ekspor Ikan ke Jepang dan Amerika

SOFIFI, AM.comAkhir tahun 2017 ini, babak baru peningkatan pengembangan produksi dan ekspor khususnya pada sector perikanan. Betapa tidak, sejak 18 tahun meka, Provinsi Maluku Utara baru pertama kali melakukan ekspor produksi ikan langsung ke dua Negara tujuan yakni Amerika dan Jepang. Keberhasilan, ini tidak luput dari gebrakan yang dilakukan Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Provinsi Maluku Utara.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Kadis KP) Provinsi Maluku Utara, Buyung Radjiloen, saat dikornfirmasi terkait ekspor perdana tersebut, Senin (22/10/2017). Dia menuturkan, bahwa ekspor produk ini merupakan ekspor perdana langsung dari Provinsi Maluku Utara ke Negara Jepang dan Negara Amerika Serikat. “Setelah Era Reformasi, baru pertama kali ini pemerintah Provinsi Maluku Utara melakukan ekspor langsung produk hasil perikanan Maluku Utara, karena selama ini dari tahun 2000 Maluku Utara tidak pernah melakukan ekspor langsung,”tutur Buyung.

Ia mengaku, pelaksanaan ekspor langsung ini, berkat kerjasama antara Bank Indonesia, Bea dan Cukai Ternate, Pemprov Maluku Utara serta Karantina Ikan. Ekspor langsung ini menunjukan bahwa Maluku Utara sudah ada kemajuan, untuk itu kontribusi pajak ekspor langsung ini bisa dinikmati oleh daerah karena selama ini ekspor produk selalu dari jawa Timur dan daerah lainnya. “Ekspor langsung produk ikan ini diharapkan pajak atau devisa daerah bisa dinikmati oleh daerah atau provinsi maluku Utara,”terangnya.

Tambah Buyung, Ekspor produk langsung ini berupa, Ekspor ikan kayu sebanyak 10 Ton, dengan negra tujuan yaitu Negara Jepang atau Negeri sakura, sesuai dokumen yang sudah diterbitkan oleh Bea Cukai. “Rencana pemuatan ekspor nanti pada tanggal 24 sampai 26 Oktober dengan unit pelayanan yakni CV Markindo Raya”pungkasnya.

(Jhofy)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA