Dukung LIN, Kepsul Ekspor Ikan ke Amerika Serikat

TERNATE, AM.comImpian, harapan dan perjuangan Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menjadikan Maluku Utara sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) mulai membuahkan hasil. Buktinya,sebagai daerah kepulauan yang memiliki potensi perikanan yang begitu kaya. Nelayan kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) melalui PT Sanana Pelangi Indonesia telah berencana mengekspor ikan ke Amerika Serikat pada tanggal 28 mendatang.

“Sesuai jadwal dan packing yang dilakukan, rencannya pada Tanggal 26 Oktober akan dilakukan ekspor langsung oleh PT. Sanana Pelangi Nusantara dengan jenis Ikan Tuna Saku sebanya 18 Ton dengan negara tujuan Amerika Serikat,”ungkap Kepalas Dinas (Kadis) KP Maluku Utara Buyung Radjiloen saat dikonfirmasi reporter www.aspirasimalut.com, Senin (23/10/2017).

Sehingga itu, untuk mendukung ekspor ikan yang berkualitas serta program LIN. Ia berencana dalam tiga tahun mendatang pemerintah akan membangun industri perikanan dan kelautan dengan menggandeng investor luar negeri. “Sejauh ini sudah banyak negara yang melakukan penawaran untuk membangun industri, namun masih dikaji Kementerian Kelautan dan Perikanan,”tukasnya.

Sementara itu, Bupati kabupaten Kepsul Hendrata Thes menuturkan, potensi perikanan di kepsul cukup tinggi. Dengan adanya ekspor ikan ke luar negeri tersebut dapat memberikan dampak positif bagi nelayan di Kepsul dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“Sebagai pemerintah daearah sangat mendukung, bahkan kami kepada masyarakat nelayan akan diberikan fasilitas tangkap ikan. Bahkan, beberapa waktu lalu sudah dipasang mesin produksi es flake. Ini buktinya bahwa, Pemda sangat mendukung proram LIN dan ekspor ikan ke luar negeri,”ungkapnya.

(Jhofy)

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA