Bupati Hendrata, Serahkan Bantuan Mesin Es Flake Kepada Masyarakat Nelayan

SANANA, AM.com-Dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Pepsul) melakukan langkah-langkah untuk menyiapkan fasilitas guna mengoptimalkan pemanfaatan potensi dan produksi perikanan di Sula Kepulauan.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah kerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). “Alhamdulillah dari hasil kerja sama antara Pemda Kepsul dengan KKP mendapatkan bantuan 2 Unit Mesin Es Flake untuk dua Koperasi,”ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Kadis KP) Kepsul, Ali Umanahu kepada reporter www.aspirasimalut.com, Selasa (10/10/2017).

Penyerahan bantuan yang dilakukan langsung oleh Bupati Hendrata Thes pada Sabtu (07/10/2017) akhir pekan kemarin itu, kata Ali dinerikan kepada masyarakat nelayan yang terhimpun dalam Koperasi Usaha Bersama (KUB) désa Bajo kecamatan Sanana Utara. Sementara untuk koperasi nelayan désa Falabisahaya Kecamatan Mangoli Utara akan diagendakan untuk diserahkan secara langsung oleh bupati Kabupaten Kepulauan Sula Hendrata Thes dalam waktu dekat.

Ia menjelaskan, pasitas produksi dari mesin tersebut, 1 mesin mampu menghasilkan 1,3 kg es per menit atau dalam waktu 1 jam bisa memproduksi es sebanyak 78 kg dan 1X24 jam menghasilkan 1872 kg. “Es yang dihasilkan bukan dalam bentuk es batang, akan tetapi butiran es yang siap pakai. diharapkan dengan bantuan 2 mesin untuk 2 koperasi ini, bisa meransang kelompok nelayan di desa desa lain untuk membentuk Koprasi Usaha Bersama,”jelasnya.

Menurutnya, untuk memperlancar aktifitas di pelabuhan perikanan (PPI) desa Wainin, dalam waktu dekat akan dibangun Cold Storage dengan kapasitas 100 ton. “Harusnada sarana pendukung untuk itu, maka TPI juga akan dibangun,”terangnya.

(blm)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA