Dukung Produksi Pertanian, Sekda Serahkan Paket Mesin ALSINTAN

TIDORE, AM.com– Pemerintah Daerah terus melakukan upaya-upaya agar pertanian di Kota Tidore Kepulauan dapat berhasil, salah satunya yaitu memfasilitasi para petani untuk memiliki Alat dan Mesin Pertanian sebagai sarana pengolah lahan maupun pasca panen.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ir. Thamrin Fabanyo di sela-sela penyerahan secara simbolis paket Alat dan Mesin Pertanian (ALSINTAN) kepada Kepala Dinas Pertanian, Imran Jasin di halaman Kantor Walikota usai pelaksanaan Apel Pagi Gabungan, Senin (28/82017).

Thamrin Fabanyo menambahkan dengan adanya berbagai bantuan yang diberikan kepada para petani, diharapkan akan memberikan dampak bagi peningkatan produksi pertanian di kota Tidore Kepulauan, serta ada peningkatan kesejahteraan petani.

Pemerintah juga mengharapkan adanya perubahan sikap dari petani konvensional yang mengandalkan tenaga kerja manusia menjadi petani modern dengan mekanisasi pertanian.
Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Imran Jasin usai serah terima ALSINTAN menjelaskan paket yang diserahkan tersebut terdiri dari 1 unit Traktor roda empat (untuk alat bajak), 4 unit Cultivator (Pengolah tanah sekunder dan penyiang rumput), 2 unit Mesin Pemipil Jagung (Alat Pasca Panen untuk merontokan jagung dari bongkolnya) serta 5 unit Hand Traktor (Alat Bajak dan menggerakan mesin pompa air serta penggiling gabah).

Sampai saat ini Pemerintah Daerah masih terus berusaha mencari dukungan dari Pemerintah Pusat untuk membantu pengembangan pertanian. “Pengadaan ALSINTAN Traktor Roda Empat, Cultivator dan Mesin Pemipil Jagung ini menggunakan  sumber dana dari APBD sedangkan untuk Hand Traktor menggunakan Dana APBN,”terang Jasin.

Nantinya, Lanjut Dia, seluruh ALSINTAN ini akan didistribusikan di sejumlah tempat yang menjadi sentra produksi pertanian. “Akelamo yang akan menerima Traktor Roda Empat untuk dukungan lahan Padi Gogo, Hand Traktor untuk petani bawang, tomat dan cabe di Pulau Tidore,”pungkasnya.

Usai serah terima, Sekda bersama sejumlah pimpinan SKPD melanjutkan dengan uji coba operasi mesin Pemipil Jagung. Sekda juga berkesempatan test drive Traktor Roda Empat.

(eky)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA