DPPKB Halbar Gelar Penyuluhan dan Pelayanan KB Gratis

JAILOLO, AM.com-Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Minggu (27/08/2017), melaksanakan Penyuluhan dan Pelayanan KB Gratis di kecamatan Tabaru yang di pusatkan di desa Togorebatua. Sebelum kegiatan dimulai Kadis PPKB melaksanakan Ibadah bersama jemaat di gereja GMIH desa Togorebatua, dan dilanjutkan pelayanan bersamaan dengan pemutaran Film KB yang disaksikan masyarakat setempat. Dalam penyuluhan dan pelayanan KB Gratis ini, dilakukan pegawai PPKB Halbar seperti pemasangan dan cabut Implan 53 orang, Suntik 71 orang, Pil 1 orang dan IUD 1 orang.

Kadis PPKB Halbar Rosfintje Kalengit, SKM., M. Kes menjelaskan, bahwa pelayanan kontrasepsi bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Agar masyarakat bisa mengetahui keuntungan dan kerugian dari masing-masing alat kontrasepsi. “Kegiatan ini, selain dilakukan pelayanan KB juga dilakukan penyuluhan tentang KKBPK penyuluhan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam merencanakan kehidupan berkeluarga,”jelas Rosfintje.

Ia mengatakan, bahwa sasaran pelaksanaannya kegiatan tersebut untuk PUS, generasi muda dan masyarakat secara umum. Kegiatan ini dilakukan agar informasi tentang KKBPK  terjangkau sampai ke pelosok. “Harapan kami dari kegiatan ini, agar masyarakat dapat merencanakan kehidupan berkeluarga yang baik,”pintanya.

Sementara itu, terpisah Arianto Bobangu camat Tabaru sangat memberikan apresiasi dan berterimah kasih kepada Dinas PPKB Halbar karena sudah melaksanakan penyuluhan dan Pelayanan KB Gratis di Kecamatan Tabaru. “Atas nama pemerintah Kecamatan Tabaru sangat berterima kasih kepada Dinas PPKB Halbar. Karena dengan sudih dan ihlas melayani masyarakat kami dalam pelayanan KB Gratis,”cetusnya.

Begitu juga masyarakat Kecamatan Tabaru maupun Peserta KB mengatakan sangat bersukur karena dari Dinas PPKB turun langsung ke Kecamatan maupun Desa yang paling pelosok untuk melakukan penyuluhan dan pelayanan KB Gratis. Sehingga masyarakat sudah tidak mengeluarkan uang yang lebih besar lagi .”Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas pelayanan KB Gratis dari Dinas PPKB di Desa kami. Karena kami sudah tidak mengeluarkan uang. Namun pelayanan yang memuaskan,”tutur peserta yang mengikuti program KB.

(MS)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA