Ratusan Kendaraan Terjaring Operasi Samsat

TERNATE, AM.com-Kesadaran masyarakat kota Ternate dalam menunaikan kewajiban pajak kendaraan bermotor nampaknya masih minim. Lihat saja, hanya dalam 2 hari pelaksanaan operasi Samsat Kota Ternate bersama Satuan Polisi Lalulintas Polda Maluku Utara (Malut) berhasil menjaring sekitar 100 lebih kendaraan sepeda motor dan mobil yang belum membayar pajak.

Kepala Samsat Kota Ternate Nurmida Ganda kepada wartawan, Kamis (10/8/2017) mengatakan, kendaraan yang terjaring diantaranya, 78 unit sepeda motor, 9 unit mobil, dan sisanya kendaraan dari luar Kota Ternate sehingga tidak dikenakan tilang.

“Itu belum lagi dari operasi door to door di 4 kecamatan di kota Ternate, itu sudah sekitar 314 wajib pajak yang kita datangi, jadi kemungkinan akan meningkat karena masih 4 hari lagi kita operasi,” kata Nurmida.

Menurut Nurmida, pelaksanaan operasi rutin tersebut merupakan upaya jemput bola dari pihak Samsat dalam mengejar target realisasi penerimaan tahunan. Terbukti, disetiap tahunnya Samsat kota Ternate selalu melampaui target. “Dibandingkan tahun kemarin di Bulan Juli 2017 ini capaian nya naik 172,60 persen dengan capaian Rp 4,6 miliar, karena di bulan Juli 2016 lalu hanya Rp 2,8 miliar,” jelasnya.

Sambungnya, sementara itu di 2017 ini sampai dengan tanggal 8 Agustus 2017 realisasi penerimaan pajak kendaraan sudah mencapai Rp 25.668.718.354 dari total target realisasi tahun ini Rp 47 miliar.

“Kita optimis capai target lagi tahun ini, dengan cara optimis itu kita kerja keras, jadi di bidang penagihan itu di setiap saat jemput bola,” katanya.

Nurmida pun mengimbau agar wajib pajak tidak membayar pajak melalui calo melainkan mendatangi langsung kantor Samsat Ternate. Selain itu, jika wajib pajak ingin mendapatkan informasi terkait berapa besar pajak kendaraannya dapat langsung mengakses website milik Samsat dengan alamat website 36.67.28.171/kiosk/kiosk.aspx.
(S. Romero)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA