Satgas TMMD Terlibat Penanggulangan Banjir dan Longsong

JAILOLO, AM.comDalam pelaksanaan TMMD 99 di wilayah Halmahera Barat, Maluku Utara, diwarnai dengan adanya insiden banjir dan longsor yang terjadi di wilayah Ropu Tengah Balu akibat cuaca ekstrim dan hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa hari terakhir.

Sehingga itu, Komandan Satgas TMMD 99 Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti setelah menerima laporan, Jumat (21/7/2017) langsung  memerintahkan personel Satgas untuk segera merelokasi warga ke fasilitas sekolah yang berada dilokasi yang cukup aman,

Proses relokasi dan pendataan dilakukan terhadap masyarakat setempat. Dan saat ini masyarakat masih menempati lokasi yang telah disiapkan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa.

Peristiwa longsor yang  terjadi, beruntung hujan sudah mulai mereda dan air yang menggenangi pemukiman mulai surut kemudian Satgas TMMD bersama masyarakat bersama-sama melakukan pembersihan lingkungan dan relokasi material longsor. Kekhawatiran dan kecemasan nampak dari masyarakat namun berdasarkan pengakuan dari warga sekitar bahwa Banjir kali ini jauh lebih berkurang dibandingkan sebelumnya karena perbaikan drainase yang telah dilakukan melalui TMMD pada beberapa saat yang lalu.

Dandim Ternate yang juga merupakan Dansatgas TMMD menyampaikan bahwa kegiatan evakuasi ini merupakan gerakan spontan dan merupakan SOP dari TNI saat terjadinya bencana alam untuk menghindari korban jiwa.

“Kedepan kita akan berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Pemerintah Daerah, Ahli Geologi maupun instansi lainnya untuk bersama-sama merumuskan dalam rangka untuk menghindari terjadinya bencana serupa di daerah ini,”tukasnya. (pen/blm)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA