Unsur Pidana Tak Terpenuhi, AHM Bebas Dari Tuntutan JPU

Ahmad Hidayat Mus saat mengikuti Sidang Putusan

TERNATE, AM.com-Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Ternate akhirnya menjatuhkan vonis bebas terhadap terdakwa tindak pidana korupsi Masjid Raya Sula, Ahmad Hidayat Mus. Yang merugikan keuangan negara sebesar Rp 5,5 miliar.

Sidang putusan yang dipimpin ketua majelis hakim Hendry Tobing dan didampingi dua anggota majelis hakim berlangsung di ruang sidang Gamalama PN Ternate yang terletak di kelurahan Stadion kecamatan Ternate Tengah, Maluku Utyara Selasa (13/6/2017).

Dalam amar putusan dengan nomor: 1/Pid.Sus-TPK/2017/PN Tte, Hendry Tobing menyebutkan, unsur pidana dalam dakwaan maupun tuntutan Jaksa Penuntut tidak terbukti secara sah dan meyakinkan terdakwa Ahmad Hidayat Mus melanggar pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2001.

BACA BERITA TERKAIT : Jaksa Bersikukuh Dakwaan AHM Terbukti

“Berdasarkan fakta persidang serta bukti-bukti yang terungkap dalam fakta persidangan. Unsur pidana sebagaimana dalam dakwaan jaksa penuntut tidak terbukti terdakwa Ahmad Hidayat Mus secara sah dan meyakinkan melawan hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau orang lain yang suatu korporasi yang dapat merugikan keuangan negara atau perekonomian negara pada pembangunan masjid raya Sanana,”ungkap Hendri saat membacakan amar putusan.

Hendri menegaskan, tidak terpenuhinya unsur pidana yang dituduhkan kepada terdakwa, agar segera dipulihkan nama baiknya dan dibebaskan dari segala tuntutan hukum. “Membebaskan terdakwa AHM dari segala dakwaan penuntut umum dan memulihkan hak-hak terdakwa dalam kemampuan kedudukan dan harkat serta martabat dalam keadaan seperti semula,”tegasnya.

Sekedar diketahui, terdakwa dalam sidang tuntutan beberapa waktu lalu sebelum di vonis bebas, JPU menutut AHM 5 tahun penjara. Namun, tuntutan tersebut tidak terakomodir saat sidang putusan.

 

(kep)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA