Menuju Kota Modern, PUPR Bangun 5 Ikon Kota Ternate

TERNATE, ASPIRASIMALUT.COM-Dalam rangka mewujudkan Ternate sebagai kota modern, Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan membangun lima ikon pusat keramaian baru dipusat kota maupun di pinggiran kota.

Pembangunan kawasan keramaian tersebut, merupakan bagian dari pengembangan kawasan kota biasa, menjadi pusat bisnis, pendidikan, ekologi, budaya, wisata, olahraga, dan lainnya sebagaimana visi misi walikota Ternate Burhan Abdurrahman “BAHARI BERKESAN”, sehingga konsentrasi aktivitas warga bisa terpusat diberbagai tempat.

“Jadi, masing-masing kawasan, sehingga menjadi pusat aktivitas warga. Mohon dukungan warga masyarakat kota Ternate dalam pembangunan penataan kota Ternate menuju kota yang maju. Sehingga itu, di bulan ini juga akan dimulai lima pembangunan sebagai ikon kota Ternate menuju kota modern. Dan pembangunanya menggunakan system multiyears dan saat ini masih menunggu persetujuan DPRD untuk dimulai pembangunanya,”ungkap Kadis PUPR kota Ternate, Risval Tri Budiyanto kepada reporter Aspirasimalut.com, Selasa (6/6/2017).

Untuk mewujudkan pembangunan kawasan tersebut, Risval meminta maaf bagi masyarakat kawasan Kelurahan Ubo-ubo, Galamama, Kalumata sebagai pusat pembangunan kelima ikon ini. “Yang secara langsung nanti sedikit terganggu dengan aktifitas pembangunan ini untuk diharapkan ada kerjasama dari masyarakat setempat,”pintanya.

Kelima ikon kota Ternate yang akan dibangun itu, yakni :

  1. Sports Hall Ternate

Tribun Olahraga tertutup yang berlokasi di lapangan Ubo-Ubo, dengan menggunakan system lapangan Knockdown sehingga factor luasan tidak terlalu berpengaruh.

“Bisa bergantian beberapa Cabang Olahraga (Cabor) dalam satu lapangan,”ujarnya.

 

  1. Kawasan Reklamasi Kalumata

Dengan areal mencapai 4 hektar dipersiapkan sebagai kawasan ekonomi baru di kawasan Ternate Selatan.

“Ini merupakan persiapan kawasan bisnis dan perdagagangan wilayah Selatan Kota, sebab pusat pasar modern ada di pusat kota di kawasan pasar Gamalama Baru 2,”terangnya.

 

  1. Apotik dan Laboratorium Bahari Berkesan

Lokasi di depan Taman Nukila samping Ruko Bahari Berkesan.

“Penataan Pedestrian sepanjang kawasan ruko Bahari Berkesan Utara-Selatan sehingga menjadi kawasan yang terintegrasi, Lendmark-Taman Nukila-Ruko,”ungkap pria murah senyum ini.

 

  1. Ternate Plaza-Pasar Gamalama Modern

Dibangun di kawasan ex pasar Gamalama memanjang kea rah timur masjid raya dengan kostruksi 3 lantai 1 Basement, insha Allah Tenant Matahari Group hadir di Ternate.

 

  1. Pembangunan kawasan Pasar Gamalama Baru

Pembangunan kawasan pasar Gamalama baru 2 dengan pagu anggaran Rp 13 miliar ini, tidak hanya dibangun fisik bangunan.

“Juga dibangun penataan kawasan lainnya dengan mempertimbangkan aspek-aspek lainnya,”pungkasnya.

(blm)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA