Pekan Depan, Morotai Miliki Bupati Definitif

TERNATE, ASPIRASIMALUT.COM – Setelah mengalami kikosongan bupati kabupaten pulau Moritai dan hanya diisi empat kali Pelaksana Tugas (Plt) bubati dari mantan Kasat Pol PP Malut Yahya Hasan, Kadishut Malut Syukur Lila, mantan wakil bupati Morotai setelah dinonaktifkan dan terakhir Samsufin Abdul Kadir yang juga Kasat Pol PP dan didampingi seorang Sekda H Rajak Lotar. Akhirnya awal pekan depan, Senin (22/5).

Kepastian pelantikan ini setelah Mentri Dalam Negri (Mendagri) melalui edaran yang ditunjukan kepada Gubernur Malut nomor :273/2222/SJ tertanggal 10 Mei, yang bersifat segera melakukan pelantikan Bupati serentak pada tanggal 22 Mei mendatang.

Sehingga itu, pemerintah provinsi Malut melaksanakan rapat bersama bersama Pemda Kabupaten Pulau Mortai yang di hadiri langsung oleh Pj Bupati Pulau Mortai, Sekda Pulau dan asisten Bupati Pulau Mortai dengan rapat yang berlangusung di kediaman Gubernur Kelurahan kalumpang pada Rabu (17/5) malam tadi.

BACA JUGA : Kapolda Ajak Pers Perangi Narkoba

Usai rapat sekretaris Provinsi (sekprov) Muabdin H. Radjab, menyampaikan, persiapan sudah mulai dilakukan siap 99 persen, pelantikan Bupati akan dilaksanakan di Sofifi pada Minggu (22/5) mendatang pada pukul 10.00.Wit.

Muabdin mengaku, untuk SK dari Mendagri dipastikan besok (hari ini red) sudah diterima, “kita tetap komunikasi dengan Pemerintah pusat dan informasi yang diterima hari ini sudah ada SK dari Kemendagri,” katanya.

Menurutnya, untuk persiapan sendiri tidak ada masalah semua telah siap, kemudian setelah pelantikan juga dilanjutkan dengan pelantikan PKK Pulau Mortai yang akan dilaksanakan di gedung Istana Raya Sofifi.

Sedangkan, untuk pengamanan tetap dilakukan,akan tetapi untuk dipastikan berapa jumlah pengamanan dari pihak Kepolisian nantinya Kamis hari ini barulah pihaknya menyurat ke Polda untuk meminta pengamanan pelantikan, selain itu juga dari Satpol -PP 100 orang. sementara undangan yang ditargetkan sebanyak 500 orang untuk undangan Mortai dan undangan untuk Pemerintah Provinsi 100 orang sehingga total undangan 600 orang.

Sekprov mengatakan, pelantikan Bupati Mortai ini menjadi contoh untuk pelantikan Bupati Halteng sehingga didesain sebaik mungkin. sehingga Pemrov juga telah membuka kesempatan kepada simpatisan,maupun mengingat relasi dari Bupati Mortai nantinya banyak maka siapapun yang akan membuat karangan bungan sebagai ucapan selamat tempatnya tetap disediakan.

Agar diketahui pula bahwa, dengan adanya edaran tersebut menjadi dasar untuk pemerintah provinsi (pemprov) untuk melakukan persiapan.

 

(blm)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA