Anggota Komisi IX DPR RI Temui Masyarakat Nelayan di Halbar

JAILOLO-Anggota Komisi IX DPR RI Nihayatul Wafiroh dari Partai PKB, Selasa (16/05) siang tadi berkunjung secara mendadak ke perkampungan nelayan di Desa Saria, Kecamatan Jailolo kabupaten Halmahera Barat (Halbar) dengan didampingi oleh Ketua Wilayah PKB, beserta pengurus DPC PKB Halbar.

Dalam kunjungan terasebut anggota Komisi IX sesalkan kepada Pemerintah Daerah karena bantuan yang di berikan pada Nelayan tidak sesuai. “Ini tradisi birokrasi yang buruk, menggelontorkan bantuan seperti cool storage kepada nelayan tanpa diikuti infrastruktur lain yang mendukung juga pelatihan kepada nelayan untuk menggunakannya,”ungkap Ninik sapaan akrab anggota DPR RI yang juga koordinator Advokasi DPP PKB ini.

BACA JUGA : Pekan Depan, Morotai Miliki Bupati Defintf

Menanggapi beberapa peraturan yang ditetapkan oleh kementerian kelautan dan perikanan terkait beberapa pelarangan bagi nelayan, Nihayah menanggapinya dengan serius. “Peraturan pemerintah apapun itu ruh-nya harus untuk kesejahteraan masyarakat dalam hal ini nelayan, nelayan di sini mengeluh kalau banyak peraturan tanpa jalan ke luar maka mereka akan kehilangan satu-satunya mata pencarian,”tegas Nihayatul yang sedang melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Halmahera Barat ini.

Bahkan ada beberapa nelayan menyampaikan kalau pengurusan asuransi baik kesehatan maupun kecelakaan kerja bagi nelayan belum dapat diakses dengan baik. Nelayan juga mengeluhkan minimnya perhatian pemerintah dalam memberikan bantuan juga penyuluhan terkait dengan perubahan iklim yang akhir-akhir ini menghambat nelayan untuk berlayar.”Ini ada anggota DPRD FPKB nanti keluhan-keluhan nelayan yang terkait dengan pemerintah daerah saya harap bisa segera ditindak lanjuti,” tambah Nihayah dalam pertemuan.

“Memperhatikan kesejahteraan nelayan berarti meningkatkan kualitas kehidupan hidup masyarakat pada umumnya, dan PKB akan terus berkomitmen untuk mendampingi pemenuhan hak-hak nelayan,”sambungnya.

 

(ms)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA