Mancing Mania Haltim 2017 Siap Digelar

SOFIFI, ASPIRASMALUT.COM-Dalam rangka pra event WIFT 2017 sekaligus memeriahkan Hari ulang tahun (Hut) Kabupaten Halmahera Timur  (Haltim) yang ke 14 tahun 2017.  Dinas Kelauatan dan Perikanan (DKP) Maluku Utara bekerja sama dengan pemkab Haltim akan menyelenggarakan event Fishing Haltim 2017. Kegiatan lomba mancing ini akan dihelat Mulai tanggal 18-21 Mei 2017 dan dibuka Bupati Haltim Rudy Erawan. Peserta yang mengikuti lomba mancing sebanyak 104 orang dari 13 Club mancing, 12 Club dari luar daerah dan 1 Club lokal termasuk 3 orang peserta dari luar negeri yang bergabung ke club peserta Haltim fishing 2017.

Kepala DKP Provinsi Malut Buyung Rajiloen kepawa wartawan Selasa (16/5) mengatakan, antusias para penggila mancing untuk mengikuti lomba mancing ini sangat besar sekali namun karena fasilitas kapal yang masih terbatas panitia hanya bisa menyiapkan 13 kapal ikan Inka mina milik nelayan berukuran 30 GT. “Kemarin secara resmi kami sudah melepas 13 kapal dari pelabuhan perikanan Bastiong menuju Maba  kabupaten Haltim.

SARAN BERITA : Kapolda : Indepensi Pers Sangat Penting

Jumlah ABK yg ikut berpartisipasi dlm lomba ini setiap kapal sebanyak 6 orang sehingga jumlah total nelayan yang kita libatkan sebanyak 78 orang. Saat ini di kabupaten Haltim belum tersedia kapal mamcing yang sesuai standar jadi terpaksa kita datangkan dari luar Haltim.

Berharap dengan adanya dukungan pemerintah provinsi pada even fishing Haltim 2017 ini dapat mendorong pengembangan wisata mancing di Haltim yang juga memiliki potensi apot mancing yang luar biasa. Sama halnya yang telah kami lakukan tahun lalu di kabupaten Morotai, kami berharap kegiatan tahun ini menjadi titik awal dimulainya Haltim sebagai destinasi wisata mancing di Maluku Utara dan di Indonesia.

Morotai sudah menetapkan kegiatan Lomba Mancing seperti ini sebagai kegiatan tahunan sebagai rangkaian wonderfull Morotai, karenanya kami berharap pemda Haltim juga dapat mendorong hal yang sama karena potensi spot mancing di Haltim ini juga tidak kalah dengan yang ada di Morotai. Haltim Luar biasa memiliki spot mancing karena ada hamparan terumbu karang atau yang biasa dikenal dengan istilah Reb  sepanjang kurang lebih 30 km dan ini  temui pada saat survey oleh tim explore bulan lalu. Di sana ada sarang ikan dog tooth tuna atau tuna gigi anjing atau di Maluku Utara dikenal dengan ikan Ofo dan jumlahnya sangat banyak.

Dog tooth tuna ini merupakan salah satu jenis ikan yg di incar oleh para penggila mancing karena sensasinya pada saat ditangkap. Kalau kita gunakan steek pancing yang biasa dan kurang kuat, bisa patah karena tarikannya yang bisa 3 kali lipat dari berat ikan. Dilaksanakannya event Fishing Haltim 2017, tahun ini secara resmi dapat di tetapkan 3 kawasan sebagai destinasi wisata mancing yaitu Morotai, Haltim dan Widi Halsel. Kami harapkan tahun mendatang kabupafen kota yang lain seperti Halteng, Sula, Halut, bisa didorong untuk menjadi destinasi wisata mancing di Maluku Utara. Karenanya kami berharap dgn pelaksanaan event seperti ini akan mendorong Maluku Utara sebagai destinasi wisata mancing di dunia.

 

(blm)

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA