Bido, Jadi Kelapa Unggulan Indonesia

MOROTAI, ASPIRASIMALUT.COM-Pelepasan varietas di Bogor, Jawa Barat, 1 Mei 2017 lalu, dan launcihng di Aceh 7 Mei 2017 pada perayaan pekan petani nasional kelapa bido, maka jenis kelapa ini ditetapkan menjadi kelapa unggulan Indonesia. Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kabupaten Pulau Morotai, Muslim Jumaati kepada Aspirasi Malut, Selasa (16/05/2017). Menurutnya, kelapa bido ditetapkan sebagai kelapa unggulan Indonesia, karena memiliki beberapa keunggulan. diantaranya, cepat berbuah, pohonnya pendek, buahnya besar, tebal dagingnya dan manis air.

“Kelapa bido ditetapkan sebagai kelapa unggulan Indonesia karena kelapa ini dengan umur 2,5 s/d 3 tahun sudah berbuah. Belum lagi pohonnya pendek dan besar buahnya, bahkan tebal dagingnya. Jadi hasil produksi dapat mencapai 3,5 ton per hektar. Berbeda dengan kelapa dalam yang hasilnya hanya berkisar 2,5 ton per hektar,” tuturnya.

BACA JUGA : 564 Halaman Pledoi AHM Soal Tuntutan JPU

Ia juga menambahkan, ada juga kelebihan dari kelapa bido dapat mengurangi kolesterol. “Air kelapa bido dapat mengurangi kolesterol pada diri seseorang. Sebab, kandungan air kelapa Bido mengandung asam jenuh,” jelasnya.

Di samping itu ia juga berharap agar pemerintah daerah (Pemda) Morotai dapat menyediakan lahan kurang lebih 5 hektar untuk dijadikan tempat pengembangan kelapa bido.

“Pemda sudah seharusnya mengambil langkah agar dapat menyediakan 5 hektar lahan untuk pengembangan kelapa bido di Morotai. Karena kelapa bido sudah ditetapkan sebagai kelapa unggulan Indonesia,” harapnya.

 

(lud)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA