“Moloku Kie Raha Connection” Lamen Sarihi, Solusi Percepatan Ekonomi Maluku Utara

TERNATE, ASPIRASIMALUT.COM-Maluku Utara atau yang akrab disebut dengan Moloku Kie Raha sejatinya merupakan  gugusan empat pulau bergunung dengan potensi berlimpah yang dimiliki, mulai dari sektor perkebunan, kelautan dan perikanan, hingga pertambangan.

Berdasarkan kondisi geografis dan kekayaan alam yang dimiliki, provinsi Maluku Utara kaya akan potensi besar untuk berkembang dan maju dimasa yang akan datang. Asalakan mampu dikelola dengan baik oleh para pengambil kebijakan. Apalagi provinsi yang baru berusia 19 tahun ini berada di bibir Samudra Pasifik, sehingga dimasa mendatang-wilayah ini berpeluang meraih beragam keuntungan ekonomi, khususnya dalam percaturan pasar Pasifik.

Lamen Sarihi SH., MH, Putra Maluku Utara yang sekarang berkiprah di kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau (Kepri) saat ini tengah menjabat sebagai ketua DPRD selama dua periode ini, menyatakan bahwa berdasarkan kondisi geografis Maluku Utara dengan hasil alam melimpah dan didukung dengan sumber daya manusia yang sudah maju, sebenarnya bisa jauh lebih berkembang dan maju asal dikelola dengan baik.

Lamen sapaan akrab Lamen Sarihi juga menjelaskan bahwa salah satu faktor yang menjadi kendala lambatnya pembangunan dan perkembangan ekonomi masyarakat kita adalah karena belum terbukanya akses ke sejumlah wilayah kabupaten kita yang terdiri dari pulau-pulau ini.

Namun hal ini bisa diatasi dengan menyediakan fasilitas penghubung berupa pelabuhan yang memadai, alat transportasi yang terkoneksi kesemua kabupaten dari ibukota provinsi dan disertai pelayanan publik yang profesional.

“Jika percepatan infrastrujtur pelabuhan dipercepat disetiap daerah terpencil di Maluku Utara. Maka perputaran ekonomi masyarakat di daerah pelosok bisa lebih mudah diatasi. Sehingga masyarakat akan sejahtera”ujar Lamen putra Maluku Utara yang saat ini menjabat sebagai ketua DPRD Kabupaten Bintan, Provinsi Riau.

Sebagai tokoh yang sekarang menjadi bahan perbincangan masyarakat menuju perhelatan pemilihan Gubernur Maluku Utara 2018 mendatang, H. Lamen menawarkan visi pembangunan sebagai solusi untuk membangun dan memajukan Maluku Utara melalui “Moloku Kie Raha Connection”.

Tujuan dari Visi ini adalah merangkai Maluku Utara yang terbagi dalam pulau-pulau menjadi satu kesatuan sehingga Moloku Kie Raha tidak hanya dipandang sebagai  gugusan empat pulau bergunung yang terpisah. Adapun sasaran dari visi ini adalah selain target percepatan pembangunan juga dimaksudkan untuk pemerataan dalam pembangunan terhadap semua kabupaten kota di Maluku Utara. Jika visi ini diutamakan untuk direalisasikan.

“Maka saya yakin Maluku Utara akan jauh lebih maju dan berkembang, pemerataan pembangunan dan ekonomi disemua kabupaten kota akan terwujud,”tutup H. Lamen yang juga politisi Golkar ini.

 

(kpt)

 

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA