Ini Agenda Lengkap Presiden Jokowi di Provinsi Kalsel, Malut dan Papua

SOFIFI,ASPIRASIMALUT.COM – Setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di provinsi Maluku Utara (Malut) tahun lalu yang dipusatkan di kota Tobelo kabupaten Halmahera Utara (Halut). Kini, presiden Jokowi kembali dijadwalkan akan mengunjungi Provinsi Malut yang dipusatkan di kota Weda, kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Selasa (9/5) mendatang.

Sebelum menginjakan kaki di Maluku Utara, Jokowi terlebih dahulu dijadwalkan akan menghadiri acara puncak ivent budaya maritim pesta laut “Mappanretasi” di kabupaten Tanah Bumbu provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), penyerahan hutan rakyat Silvopasture seluas 400 Ha, hutan kemasyarakatan seluar 9.905 untuk 1.959 kepala keluarga (KK) dan Hutan Desa seluas 4.966Ha untuk 622 KK di kabupaten Tanah Laut, pembagian sertifikat tanah di kota Banjarmasin sebanyak 5.000 Sertifikat serta pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP), Karti Indonesia Sehat (KIS), Program Makanan Tambahan (PMT) Kemensos di kabupaten Tanah Bumbu.

“Untuk Kunker pak presiden di Maluku Utara nanti, tiba di Ternate pada tanggal 8 Mei hingga tanggal 9 nanti, yang akan dipusatkan di Ternate pada Senin (8/5) dan kota Weda, Selasa (9/5). Sesuai jadwal yang kami terima pak presiden akan menyerahkan KIP, KIS, PMT dan juga program Kemensos di Malut,”ungkap Kepala Bagian (Kabag) Kerjasama dan Komunikasi Publik Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik Setda Malut, Mulyadi Tutupoho saat dikonfirmasi, Rabu (3/5) tadi.

BACA JUGA : Siap-siap Bagi Warga Ternate, Presiden Bakal Bagikan 100 Sertifikat Tanah

Dia menyebutkan, Presiden juga dijadwalkan akan melaksanakan pembagian sertifikat tanah kepada warga kota Ternate dan kota Sofifi sebanyak 1.000 sertifikat. Sementara untuk di kabupaten Halmahera Utara sebanyak 1.500 sertifikat.

Selain itu, Lanjut mantan ketua KPU Malut ini, bahwa kekurang listrik di Malut, nantinya akan ditopang dengan peresmian PLTU Maluku Utara 2 x 7 MW di Kota Tidore yang telah mangkrak, proyek dikerjakan di tahun 2008 lalu. “Peresmian listrik desa di kabupaten Morotai sebanyak 12 desa, kabupaten Halbar 1 Desa namun peresmiannya digabungkan dengan Proyek PLN di Papua,”ungkapnya.

Dikatakan, pusat kegiatan di kota Weda, presiden Jokowi akan melaksanakan peresmian fasilitas Pelabuhan Laut Tapaleo yang dibangun sejak tahun 2014 hingga tahun  2015 dan peresmian pelabuhan Laut Wayabula yang dibangun sejak tahun 2010 hingga tahun 2016 dan pelabuhan Laut Bicoli kabupaten Haltim yang dibangun sejak tahun 2010 hingga tahun 2016.

“Untuk lebih detail berapa banyak kegiatan tambahan atau jumlah KIP, KIS dan PMT yang akan dibagikan, lebih detailnya nanti besok (hari ini-red) tim advance dari pusat datang untuk rapat koordinasi kegiapan teknis,”terangnya.

Sekadar diketahui, setelah melaksanakan Kunker di Maluku Utara, presiden Jokowi juga dijadwalkan akan melaksanakan Kunker ke provinsi Papua pada tanggal 9 hingga 10 Mei mendatang dengan agenda pembagian KIP, KIS, PMT dan Program Kemensos di Kawasan Skouw dan kawasan Wamena.

Peresmian PLBN Skouw di Muara Tami, peninjauan trans Papua yakni ruas Wamena-Mumugu, peresmian Pasar Mama Kota Jayapura dan pencanagnan program Listrik Desa di provinsi di beberapa kabupaten, yakni kabupaten Jayapura, kabupaten Merauke, kabupaten Mimika, kabupaten Biak Numfor, kabupaten Supiori dan kabupaten Delyai.

 

(blm)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA