spot_imgspot_img

Nuansa Politik Malut Dinilai Masih Perang Timsus

SOFIFI, ASPIRASIMALUT.COM – Nuansa politik Pemilihan Gubernur (Pilgub) provinsi Maluku Utara saat ini dinilai masih pada tahapan perang syaraf antar Tim Sukses (Timsus) bakal calon gubernur. Demikian disampaikan magister ilmu komunikasi politik universitas Merchu Buana Jakarta, Arman Panigfat kepada Aspirasimalut.com, Selasa (11/4).

Menurut dia, saat ini belum ada perang gagasan dari Bakal Calon (Balon) gubernur. Sebab, tahapan Pilkada belum jalan sehingga polesan isu hanya dimainkan oleh kalangan menengah keatas, tetapi belum menyentuh ke masyarakat. “Kalau dilihat isu maupun desain politik dari Balon gubernur, ini masih di kalangan tim tertentu saja. Karena belum ada ide maupun gagasan yang dilontarkan secara langsung para kandidat calon gubernur,”ungkapnya.

Sehingga itu, kata Dia, kalau dilakukan survey maupun poling sms di beberapa media, pasti yang muncul figur-figur tertentu dan itu sengaja dimainkan tim sukses untuk membaca peta politik. “Ini hanya grand desain yang dilakukan. Untuk perang para calon gubernur nanti saat masuk tahapan selanjutnya pada penetapan calon gubernur dan wakil gubernur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena disitu sudah membicarakan gagasan untuk membangun Maluku Utara dari calon gubernur,”jelasnya.

Bahkan, lanjut Arman, saat ini para calon gubernur dalam komunikasi politik di masyarakat hanya membentuk tim khusus yang dipercaya karena masih sangat berhati-hati untuk lepas isu dipermukaan. “Hal ini dilakukan agar desain isunya teratur dan mampuh menerobos ke masyarakat. Jika tidak, isu yang dimainkan akan terpatahkan oleh tim sukses kandidat lainnya,”terangnya.

Dia menegaskan, untuk perang kanidat nanti setelah adanya penetapan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai politik. “Untuk secara terang-terangan perang kandidat dapat dilihat usai penetapan calon oleh pimpinan pusat partai politik. Karena disitu secara jelas siapa yang menjadi calon gubernur. Kalau saat ini, mereka lagi melakukan konsolidasi. Poltik itu sangat dinamis, bahkan bisa jadi pada saat penutupan pendaftaran baru rekomendasi Partai keluar. Ini yang diwaspadai para calon,”tegasnya. (blm)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL