Triwulan Kedua ADD dan DD Di Morotai Belum Bisa Di Kucurkan

MOROTAI, ASPIRASIMALUT.COM – Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utra hingga memasuki triwulan ke dua ini belum juga direalisasi ke desa.

Hal ini diakui oleh Kepala Bidang Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pulau Morotai, Ahdad Hi Hasan. Menurut Ahdad, belum direalisasi ADD dan DD lantaran para kepala desa belum memasukan dokumen Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yang sudah dievaluasi maupun laporan pertanggungjawaban 2016 yang berbasis Seskeudes.

“Padahal itu adalah persaratan yang harus di masukan dulu ke Keuangan dan DPMD, baru ADD-nya bisa kita salurkan ke rekening desa. Saat ini sudah ada tim evaluasi APBDes, dan kemarin di bulan Maret kita sudah evaluasi APBDes 38 desa, tapi ke 38 desa itu juga sampai saat ini belum masukan hasilnya ke Keuangan, tidak tahu kenapa,”ungkap Ahdad saat dikonfirmasi reporter Aspirasimalut.com, Senin (09/04) pagi tadi.

Disebutkan, pencairan seharusnya dilakukan pada awal April ini jika persyaratan sudah di penuhi oleh para kepala desa. “Kalau persaratannya sudah lengkap, sebenarnya sekarang sudah bisa direalisasi,” katanya.

Dia lantas menghimbau kepada seluruh kepala desa agar secepatnya melengkapi administrasinya, mengingat saat ini sudah memasuki triwulan ke dua.

Ia mengaku untuk DD hingga saat ini belum masuk ke rekening daerah. “Berdasarkan jadwal Kementrian Keuangan itu katanya di bulan April ini sudah akan ditransfer. Tapi kalau untuk saat ini belum, mungkin pertengahan April,”ujarnya. (ml)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA