Amerika Serikat sebut gulingkan Assad jadi prioritas utama

ASPIRASIMALUT.COM – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Nikki Haley mengatakan bahwa mengubah rezim di Suriah merupakan prioritas utama AS di bawah pemerintahan Presiden Donald Trump saat ini.

Dalam sebuah wawancara, Haley merinci perubahan rezim tersebut antara lain dengan cara mengalahkan militan Negara Islam Irak dan Syam (ISIS), mendorong pengaruh Iran atas Suriah, dan menggulingkan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

“Kami tidak melihat kedamaian di Suriah dengan adanya Assad di sana,” kata Haley saat ditanya alasan mengapa ingin melengserkan pemerintahan Assad di Suriah, seperti dilansir dari laman Reuters, Minggu (4/9).

Pernyataan tersebut dibuat sebelum AS membombardir pangkalan udara Suriah dengan 59 rudal Tomahawk yang diklaim sebagai balasan atas serangan senjata kimia terhadap warga sipil Suriah.

Keputusan untuk membalas serangan itu dibuat Trump setelah melihat gambar-gambar bayi yang menderita luka dan tewas akibat terkena senjata kimia melalui televisi.

“Anda yang memilih pertempuran ini dan kami melihat secara langsung akibatnya. Karena itu, kami tidak mau duduk diam saja. Prioritas kami adalah untuk membuat Assad turun,” kata Haley.

Di sisi lain, Menteri Luar Negeri Rex Tillerson menyikapi persoalan tentang Assad sedikit lebih tenang. Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan prioritas AS hanya mengalahkan ISIS.

“Saya yakin kita bisa memberikan perhatian lebih dan menstabilkan situasi di Suriah,” kata Tillerson.

“Jika kita bisa mencapai gencatan senjata di zona stabilisasi Suriah, maka saya yakin, kita bisa memiliki kondisi di mana politik yang baik bisa mulai dijalankan,” sambungnya.

Merdeka.Com

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA